RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD N LEGUNDI
Kelas/ Semmester : IV / I
Tema : 2.
SELALU BERHEMAT ENERGI
Sub Tema : 3. Gaya dan
Gerak
Pertemuan ke : 1 dan 2
Alokasi Waktyu : 2 X 50 Menit
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima,menjalankan,dan menghargai ajaran agama yang
di anutnya.
2.
Memiliki prilaku jujur,disiplin,tanggung
jawab,santun,peduli,dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga,teman,guru,dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar,melihat,membaca)dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya,mahluk ciptaan tuhan dan kegiatannya,dan benda-benda yang di jumpai
nyadi rumah,sekolah,dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas,sistematis,danlogis,dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat,dan dalam tindakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berahlak mulia.
B. KOPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
1.2 Mengakui dan menyukuri
anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumberdaya
alam,alat teknologi moderen dan tradisional,perkembangan teknologi,energi,serta
permasalahan sosial.
3.1 Mengali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya,gerak,energi panas,bunyi,dan cahaya dengan bantuan guru
dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulisan dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
4.1 Mengamati ,mengolah,dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya,gerak,energi panas,bunyi dan cahaya dalam
bahasa lisan dan tulisan denganmemilih dan memilah kosakata baku
INDIKATOR
1.
Membaca teks bacaan tentang gaya dan gerak.
2.
Menyebutkan gambaran konkret tentang gaya dan gerak
sesuai teks bacaan.
3.
Menceritakan pengalaman mengenai gaya dan gerak dengan
kosa kata baku.
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
1.1. Bertambah keimanannya dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya,serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
3.3. Memahami hubungan antara gaya,gerak,dan
energi melalui pengamatan,serta mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.3. Menyajikan laporan hasil
perlombaan gaya dan gerak menggunakan tabel dan grafik.
INDIKATOR
1.
M enjelaskan hubungan antara gaya dan gerak setelah
melakukan percobaan.
2.
Menyebutkan contoh kegiatan gaya dan gerak.
3.
Membuat pertanyaan penyebab benda dapat bergerak dan
berpindah tempat.
MATEMATIKA
2.4. Menunjukan prilaku disiplin
dan teratur dalam membuat dan mengikuti suatu jadwal kegiatan yang berulang dan
efektif menggunakan prinsip KPK dalam kalender.
3.1. Menentukan kelipatan
persekutuan antara dua buahbilangan dan menentukankelipatan persekutuan
terkecil (KPK)
4.1. Mengemukakan kembali dengan
kalimat sendiri,menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan
efektif,permasalahan yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari di rumah,sekalah,atau tempat bermain serta
memeriksa kebenarannya.
INDIKATOR
1.
Menjelaskan
konsep bilangan kelipatan.
2.
Menjelaskan pengertian KPK
3.
Menjawab pertanyaan tentang KPK
SENI BUDAYA DAN PRAKARYA(SBDP)
1.1. Mengagumi ciri khas keindahan
karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.2. Menunjukan rasa ingin tahu
dalam mengamati alam dilingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya
seni.
3.3. Membedakan panjang pendek
bunyi ,dan tinggi rendah nada dengan gerak tangan.
4.5. Menyanyikan lagu dengan gerak
tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.
IDIKATOR
1.
Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai
tinggi rendah nada.
2.
Menyebutkan gaya dan gerak dari kegiatan bernyanyi.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan kegiatan eksplorasi menggerakkan benda-benda di
sekitar sekolah,siswa mampu mengidentifikasi jenis gaya(tarikan/dorongan)yang
terjadi dengan tepat.
2.
Setelah kegiatan eksplorasi siswa mampu menjelaskan
konsep KPK dengan benar.
3.
Dengan menyayikan lagu “Kring-kring Ada Sepeda” siswa
mampu menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi
rendahnada.
4.
Dalam tulisan yang dibuatnya,siswa mampu menceritakan
pengalamannya mengenai gerak dengan kosakata baku.
D. MATERI AJAR
1.
Gaya dan gerak .
2.
Konsep KPK.
3.
Keterampilan menyanyi “Kring-kring ada sepeda”.
4.
Menceritakan pengalaman gaya dan gerak.
E. METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan
: Slientifik
2.
Setrategi
: Cooperative learning
3.
Teknik
: Tes dan non tes
4.
Metode
: penugasan,tanya jawab dan diskusi
F. ALAT DAN SUMBER
1.
Alat dan bahan
a)
Gambar tentang gaya dan gerak
b)
Meja,kertas,kursi,bola,dan kelereng
2.
Sumber belajar
1.
Buku guru Tema 2 Selalu Berhemat Energi hal 97-100
penerit kementrian Pendidikan dan keudayaan Repulik indonesia Tahun 2013
2.
Buku siswa tema 2 Selalu ber hemat energi Hal
70-75,penerbit Kementrianpendidikan dan kebudayaan Repulik indonesia
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DISKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
PERTEMUAN1
Ø
Guru mengajak siswa berdo’a bersama-sama
Ø
Guru mengapsen siswa
Ø
Guru mengajukan pertanyaan,misalnya siapa yang
berangkat ke sekolah naik sepeda?
Ø
Guru menginformasikan tema pembeajaran
|
10 Menit
|
KEGIATAN
|
DISKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
INTI
KEGIATAN
PENUTUP
|
Ø
Guru menunjuk gambar anak sedang bersepeda
Ø
Siswa diberi kesempatan membaca ilustrasi tentang
gaya dan gerak
Ø
Siswa diajak bertanya jawab,tentang gambaran gaya
dan gerak menurut teks dan bacaan
Ø
Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok
Ø
Siswea melakukan pengamatan dari kegiatan:
Ø
Mendorong dan menarik meja
Ø
Meremas selembar kertas
Ø
Menggelindingkan bola atau kelereng
Ø
Masing-masing kelompok berdiskusi untuk menjawab
pertanyaan:
Ø
Apa yang terjadi pada meja setelah ditarik dan di
dorong?
Ø
Apa yang terjadi pada kertas setelah di remas
Ø
Apa yang terjadi pada bola dan kelereng setelah di
gelindingkan
Ø
Guru membimbing siswa untuk menemukan jawaban
Ø
Siswa melaporkan hasil diskusinya
Ø
Untuk menambah wawasan siswa,siswa diminta
memberikan contoh lain tentang gaya dan gerak
Ø
Siswa diajak menyanyikan lagu “ada sepeda”
Ø
Dengan bimbingan guru,siswa membuat kesimpulan
Ø
Siswa membuat refleksi dari kegiatan hari ini
Ø
Tulisksn apasaja yang telah kamu pelajari dari
kegiatan hari ini?
Ø
Hal menarik apa yang kalian temukan dari kegiatan
hari ini?
Ø
Apa manfaat materi yang kalian dapat dari kehidupan
mu sehari-hari
Ø
Guru mengajak siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing
|
30 Menit
10 Menit
|
KEGIATAN
|
DISKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
KEGIATAN
INTI
PENUTUP
|
PERTEMUAN II
Ø
Guru mengucapkan salam dan mengajak siswa berdoa ber
sama-sama
Ø
Guru mengapsen siswa
Ø
Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Melompat”
Ø
Siswa menjawap pertanyaan guru
a)
Bagai mana perasaan mu saat menyanyikan lagu itu?
b)
Saat kamu bernyanyi gaya dan gerak apa yang kamu
temukan?
Ø
Guru menginformasikan tema yang akan di
pelajari,yaitu gaya dan gerak
Ø
Guru meminta siswa mengerakkan benda-benda yang ada
di sekitarnya
Ø
Siswa menarik,mendorong,menjatuhkan,atau
menggelindingkan benda yang di temukan
Ø
Siswa menuliskan pengalamanya tentang “Bagaimana
menggerakkan serta jenis gaya yang di berikan”?
Ø
Siswa mempresentasikan hasilnya
Ø
Guru memberikan penguatan
Ø
Guru membagi siswa dalam 2 kelompok
Ø
Kedua kelompok bermain lompat kelinci,kelompok I
melompat 2-2 dan kelompok II melompat 3-3 dari titik O
Ø
Siswa menjawab pertanyaan guru (LKS)
Ø
Jika mereka melompat dimulai bilangan O bilangan
manakah yang sama-sama mereka lompati?
Ø
Jika mereka melompat dengan di mulai bilangan 2
manakah yang sama-sama mereka lewati?
Ø
Kelompok manakah yang palingcepat sampai d ujung?
Ø
Siswa mengerjakan evaluasi
Ø
Guru memberikan penguatan melalui tanya jawab
Ø
Dengan bimbingan guru,siswa membuat kesimpulan
Ø
Siswa menuliskan refleksi dengan menjawab pertanyaan
1.
Kegiatan apa sajakah yang kalian pelajari hari ini
2.
Hal menarik apa yang kalian temukan hariini
3.
Apakah ada kesulitan dalam pembelajaran hari
ini?jika ya tuliskan!
Ø
Guru mengajak siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing
|
10 Menit
30 Menit
10 Menit
|
H. PENILAIAN
1.
Penilaian proses : Pengamatan sikap
2.
Penilaian hasil belajar : Tes lisan dan tes uraian
MENGETAHUI
KEPALA SD N LEGUNDI GURU
KELAS IV
M.ILYAS SALEH,S.Pd
ESRUH YULI IDAYANTI,A.Ma
NIP 196002031979101001
A. BAHAN AJAR IPA
1.
Gambar anak naik sepeda (gaya)
2.
Gaya tarikan dan dorongan
3.
Gengertian Gaya
Gaya menyebabkan benda diam menjadi
bergerak,benda bergerak menjadi lebih cepat atau lebih lambat.Dalam hal ini
gaya menyebabkan perubahan gerak benda..Selain itu ,gaya juga dapat meyebabkan
perubahan bentuk,misalnya tanah liat yang di tekan akan berubah bentuk. Jadi gaya dapat merubah gerak
ataupun bentuk benda
4.
Contoh-contoh gaya
tukang bakso yang mendorong gerobak
hingga bergerak ataupun berpindah tempat
udin yang sedang bermain ketapel untuk
melontarkan batu sampai batu tersebut jatuh
meja dan kursi yang berpindah tempat
setelah di tarik dan di dorong
kertas yang menggumpal setelah di remas
B. BAHAN AJAR SBDP
1.
Syair lagu “Ada sepeda”
ADA SEPEDA
l 3 3 l 3
1 l 5 1 l 3 . l
Kring kring-kring ada sepeda
l 3 3 l 3
4 l 3 1 l 3 . l
spe
da-ku ro da ti-ga
l 2 2 l 2
7 l 5 7 l 2 . l
ku.
Da-pat dar ri ayah
l 2 2 l 2
4 l 3 2 l 1 . l
kare
na ra jin be kerja
2.
Syair lagu “melompat”
MELOMPAT
Melompat ke kanan
Melompt kekiri
Melompat kedepan
Melompat ke belakang
Pegang pundak kanan
Pegang pundak kiri
Ayo lakukan dengan riang
C. BAHAN AJAR MATEMATIKA
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Satuan pendidikan : SD N LEGUNDI
Tema : Selalu Berhemat
Energi
Sub tema : Gaya dan Gerak
Kelas/semester : IV/I
Materi Pelajaran : gaya dan Gerak
A.
PETUNJUK
BELAJAR
A.
Belajarlah secara tertif dan aktif di kelompok
masing-masing!
B.
Diskusi kanlah dengan teman sekelompok sebelum mengisi
LKS !
C.
Isiksnlah/jawablah pertanyaan-pertanyaan dan tabel
dalam LKS dengan teliti dan rapi!
D.
Tuliskanlah kesimpulan pada tabel yang telah di
sediakan!
B. INDIKATOR
Ø Menceritakan
pengalaman tentang gaya dan gerak dengan kosa kata baku
Ø Menjelaskan
tentang hubungan antara gaya dan gerak setelah melakukan percobaan
Ø Menyebutkan
contoh kegiatan gaya dan gerak
Ø Menjelaskan
konsep bilangan kelipatan
Ø Menjawab
pertanyaan tentang KPK
Ø Menyanyikan
lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai tinggi rendah nada
Ø Mengidentifikasi
tentang gaya dan gerak
C. ALAT DAN BAHAN
1. Gambar
gaya dan gerak
2. Meja
3. Kursi
4. Pintu
5. Bola/kelereng
6. Kertas
7. Benda-benda
disekitar/sekeliling(buku,pulpen,penggaris,penghapus,dll)
8. Teks lagu
9. Garis
bilangan
D. MATERI PEMBELAJARAN LKS
LKS ini meliputi kegiatan:
1.
Menyelidiki alasan dan penyebab benda-benda dapat
bergerak atau berpindah tempat
2.
Menceritakan pengalaman tentang gaya dan gerak
3.
Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan
4.
Menjelaskan konsep bilangan kelipatan
E.
LANGKAH-LANGKAH KERJA KEGIATAN
PERTEMUAN I
Lakukan kegiatan dibawah ini agar kita bisa
menemukan jawaban alasan benda bergerak!
Lakukan kegiatan membuka dan menutup
pintu
Pertanyaan:
1.
Apa yang terjadi pada kursi dan meja setelah kalian
tarik dan dorong?Jelaskan
2.
Apakah yang terjadi pada kertas setelah kamu remas?
Jelasksn alasan mu!
3.
Apakah yang terjadi setelah pintu di buka dan di
tutup? Jelaskan!
4.
Apakah yang terjadi setelah kelereng dan bola di
gelindingkan? Jelaskan
5.
Ceritakan pengalaman mu mengenai gaya dan gerak!
Kesimpulan :
|
6.
Nyanyikan lagu “Ada sepeda”sebanyak 3 kali dengan
gerakan”
1.
Ber tepuk tyangan
2.
Menggoyangkan pinggul
3.
Menghentakkan kaki sambil berjalan maju mundur
ADA SEPEDA
l 3 3 l 3
1 l 5 1 l 3 . l
Kring kring-kring ada sepeda
l 3 3 l 3
4 l 3 1 l 3 . l
spe
da-ku ro da ti-ga
l 2 2 l 2
7 l 5 7 l 2 . l
ku.
Da-pat dar ri ayah
l 2 2 l 2
4 l 3 2 l 1 . l
kare
na ra jin be kerja
PERTEMUAN II
Gaya menyebabkan benda diam menjadi
bergerak,benda bergerak menjadi lebih cepat atau lebih lambat.Dalam hal ini
gaya menyebabkan perubahan gerak benda..Selain itu ,gaya juga dapat meyebabkan
perubahan bentuk,misalnya tanah liat yang di tekan akan berubah bentuk. Jadi gaya dapat merubah gerak
ataupun bentuk benda
Langkah-langkah kegiatan:
1.
Menyanyikan lagu dengan gerak tangan danbadan
(Melompat)
MELO9MPAT
Melompat kekanan
Melompat ke kiri
Melompat ke depan
melompat ke belakang
melompat ke belakang
Pegang pundak kanan
Pegang pundak kiri
Ayo lakukan dengan riang
2.
Coba gerakkan benda-benda yang ada di sekitar mu!
3.
Kamu boleh menarik,mendorong,menjatuhkan,atau
menggelindingkan benda-benda yang kamu temukan.Lalu lengkapilah tabel di bawah
ini!
NO
|
NAMA
BENDA
|
CARA
MENGGERAKKAN
|
JENIS
GAYA
|
AKIBAT
GAYA
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
Untuk menambah pengetahuanmu tentang
gaya, ayo amati benda-benda di bawahini!
3.
Menentukan kelipatan bilanggan
Bilangan loncat 2 yaitu:
2,4,6,8,10.....dst.
Dari
manakah bilangan-bilangan tersebut di peroleh? Marikita selidiki bersama-sama.
2=2=1x2
4=2+2=2x2
6=4+2=2+2+2=3x2
8=6+2=2+2+2+2=4x2
Ternyata
bilangan-bilangan tersebut diperoleh dengan menambahkan 2 bilangan sebelumnya
atau mengalikan 2 dengan 1,2,3,4,5 dan seterusnya.Bilangan-bilangan seperti ini
di sebut bilangan kelipatan 2.Dengan cara yang sama dapat kita cari kelipatan
bilangan lainnya.
Dalam kelompok:
Ø Bermain
lompat kelinci untuk menentukan kelipatan bilangan 2-2 dan 3-3
Ø Menjawab
pertanyaan:
·
Jika melompat dari titik nol (O) Bilangan manakah yang
sama-sama mereka lewati?
·
Jika melompat dari titik 2 bilangan manakah yang
sama-sama mereka lewati?
·
Kelompok manakah yang paling cepat sampai di ujung ?
·
Berapakah kelipatan persekutuan 2 dan 3 ?
·
Berapakah KPK dari 2 dan 3 ?
4.
Siswa mengerjakan soal evaluasi pembelajaran (tes)
LAMPIRAN
A. INSTRUMEN
PENILAIAN
1. Lembar
kerja siswa di nilai dengan angka
2. Daftar
periksa IPA
NO
|
KRITERIA
|
YA
|
TIDAK
|
1.
|
Siswa dapat
menyebutkan gaya yang terjadi saat ditarik dan di dorong
|
|
|
2.
|
Siswa dapat
menyebutkan jenis gaya yang terjadi saat kertas di remas
|
|
|
3. Daftar
periksa bahasa indonesia
NO
|
KRITERIA
|
YA
|
TIDAK
|
1.
|
Dalam cerita
yangdibuat sudah memuat jenis benda-benda yang aku pilih
|
|
|
2.
|
Dalam cerita
sudah memuat cara bagai mana aku menggerakkan benda-benda yang aku pilih
|
|
|
3.
|
Dalam cerita
yang dibuat sudah memuat jenis gaya yang aku berikan pada benda-benda yang
aku pilih
|
|
|
4. Daftar
periksa SBDP
NO
|
KRITERIA
|
YA
|
TIDAK
|
1.
|
Siswa dapat
menyanyikan lagu “Ada sepeda” dan “Melompat” dengan syair.
|
|
|
2.
|
Siswa dapat
menyanyikan lagu “Ada sepeda” dan “Melompat” sesuai tinggi rendah nada.
|
|
|
3.
|
Siswa dapat
menyanyikan lagu “Ada sepeda” dan “Melompat” sesuai dengan gerak tangan dan
badan
|
|
|
Sekor penilaian IPA,B.INDONESIA, dan SBDP = Sekor
yang di peroleh x100
%
Sekor maximal
Sekor : YA = 10
TIDAK = 5
Penilaian Sikap
NO
|
SIKAP
|
Belum
Terlihat
|
Mulai
Terlihat
|
Mulai
Berkurang
|
Membudaya
|
Keterangan
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
DAFTAR PERIKSA IPA PERTEMUAN II
NO
|
KRITERIA
|
YA
|
TIDAK
|
1.
|
Siswa dapat
menuliskan benda,cara menggerakkan dan jenisnya dengan benar
|
|
|
2.
|
Siswa dapat
menuliskan perubahan akibat adanya gaya dengan benar
|
|
|
Penilaian Matematika menggunakan angka.
INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR
Satuan Pendidikan :
SD N LEGUNDI
Tema : SELALU
BERHEMAT ENERGI
Sub Tema
: GAYA DAN GERAK
Kelas/Semester
: IV/I
Materi Pembelajaran : GAYA DAN GERAK
A.
INSTRUMEN
PENILAIAN PROSES
I.
Lembar
Pengamatan
NO
|
KRITERIA
NAMA SISWA
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
F
|
JUMLAH
|
RATA
RATA
|
1.
|
SOVY IJTIHATI
ROVIEQKI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
IGNASIUS NGADIYO
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
A.SYAMSUDIN.AR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
HAYATI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
WAKIDI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
HERTUNINGTYAS
NOVIANTI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
SUPRI WIDODO
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
WAHYUNI TUMIRAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
NURSIHAH
IMAROTIN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
MERIANA SIREGAR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NILAI TERTINGGI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NILAI TERENDAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
A
: Siswa dapat menyebutkan jenis
gaya yang terjadi saat meja di tarik dan didorong
B
: Siswa dapat menyebutkan jenis
gaya yang terjadi saat kertas di remas
C
: Siswa dapat menyebutkan
jenisgaya yang terjadi saat pintu dibuka dan didorong
D
: Ssiswa dapat menyebut kan jenis
gaya yang terjadi saat boladan kelereng di gelindingkan
E
: siswa dapat menceritakan
pengalaman mengenai gaya dan gerak
F
: Siswa dapat menyanyikan lagu
ada sepeda dengan baik dan benar
Lembar Pengamatan II
NO
|
KRITERIA
NAMA SISWA
|
A
|
B
|
C
|
JUMLAH
|
RATA
RATA
|
1.
|
SOVY IJTIHATI
ROVIEQKI
|
|
|
|
|
|
2
|
IGNASIUS NGADIYO
|
|
|
|
|
|
3.
|
A.SYAMSUDIN.AR
|
|
|
|
|
|
4.
|
HAYATI
|
|
|
|
|
|
5.
|
WAKIDI
|
|
|
|
|
|
6.
|
HERTUNINGTYAS
NOVIANTI
|
|
|
|
|
|
7.
|
SUPRI WIDODO
|
|
|
|
|
|
8.
|
WAHYUNI TUMIRAH
|
|
|
|
|
|
9.
|
NURSIHAH
IMAROTIN
|
|
|
|
|
|
10.
|
MERIANA SIREGAR
|
|
|
|
|
|
|
NILAI TERTINGGI
|
|
|
|
|
|
|
NILAI TERENDAH
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A
: Menyanyikan lagu Melompat
dengan baik dan benar
B
: Melengkapi tabel gaya dan gerak
dengan baik dan benar
C
: Menentukan kelipatan bilangan
dengan benar
NILAI =
Sekor perolehan X 100%
Sekor
maximal
Berilah tanda silang (x) pada huruf
a,b,c,dan d di depan jawaban yang benar !
Berilah tanda silang (x) pada salah
satu jawaban yang paling tepat !
1.
Semua bentuk tarikan dan dorongan disebut....
a.
Gaya b. Usaha c. Energi d. Tenaga
2.
Pada saat kita menendang bola maka terjadi/gaya
berbentuk...
a.
Tarikan b. Dorongan c. Tolakan d. Pegas
3.
Dina dan Dani sedang bermain lompat kelinci . Dina
melompat 2-2 dan Dani melompat 3-3 pada
garis bilanga .jika mereka melompat di mulai bilangan O (nol) ,bilangan manakah
yang sama-sama mereka llewati......
a. 3 b. 4 c. 5 d. 6
4.
Jika dian melompat 2-2 dari titik O (nol),dan yanti
melompat 3-3 dari titik 6,di titik mana mereka akan bertemu....
a. 23 b. 24 c.
25 d. 26
5.
Lagu ada sepeda adalah ciptaan....
a. W.R
Supratman b. Bu kasur c. Ibu Sud d. H. Mutahar
Isilak titi-titik di bawah ini!
6.
Motor mogok akan bergerak jika didorong,dalam hal ini
gaya mempengaruhi....
7.
Gaya dalam IPA berarti.....
8.
Gaya dapat menyebabkan benda diam menjadi....
9.
Jika Nuri melompat 2-2 dari titik O(nol) dan ani
melompat 3-3 dari titik 3,di titik berapa mereka bertemu?
10. Pada saat
kamu bernyanyi,gaya dan gerak apa yang kamu temukan?
Kunci
1.
A 6. Benda
diam menjadi bergerak
2.
B
7. Tarikrn dan dorongan
3.
D
8. Bergerak
4.
C
9. 12
5.
C
10. Gaya dorong dan gaya tarik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar